Review SE J105i Naite

8 Jan 2010

Ok, sesuai janji saya di post sebelumnya, kali ini saya akan mereview hp ini sendiri. (maaf karena sekarang saya baru punya waktu untuk post artikel ini)

langsung aja.

Paket Pembelian:

  • Handset J105i Naite GreenHeart
  • Baterai BST-33
  • Headset HPM-60
  • Charger EP-300
  • Pouch HP yang terbuat dari bahan mirip kantong teh
  • User Guide
  • Kartu Garansi
  • Dan Brosur-brosur lainnya

Minus memori MicroSD dan Kabel Data

Harga Rp. 1.300.000,- (BEC - 21 Desember 2009)

Disain & Handling:

Bentuk hape ini klasik (candybar) cukup ramping dan ringan (tapi lebih berat dari k510). Tapi modelnya keliatan biasa2 aja khas hape SE. HP nya sendiri lumayan enak digenggam, tapi cukup pegel juga megangnya lama-lama. Soalnya sisi-sisinya ga membulat (rounded). Keypadnya lebih enak dari k510i, tapi jarak antar tombolnya agak rapat.

Bahannya terbuat dari plastik ramah lingkungan (GreenHeart gituu..), tapi ngebuka backcasenya rada susah (takut patah). Motif backcase nya garis2 timbul dan agak keset mirip karet, Sedangkan body depannya terbuat dari bahan licin dan glossy. Oh iya, minus anti gores bawaan.

Layar:

Hape ini punya layar berteknologi TFT dengan kedalaman 262.144 warna, diagonal layar nya 2,2 inch. Dengan resolusi 240 x 320 pixel. Sayangnya setting brightness ga bisa di setting dibawah 50%. Tapi overall layarnya enak dipandang.

Fitur:

Kamera:

HP ini punya kamera 2MP dengan kemampuan zoom digital 2.5x di modus VGA (resolusi diatas itu ga bisa zoom). Ga punya Autofokus, Flash, dan cermin. Tapi hasil jepretannya lumayan OK kalau diview di HP. Juga punya fitur Photo Fix untuk mengoptimalkan Brightness dan Contrast hasil jepretannya. Satu lagi, ga ada shutter kamera di samping body (jadinya pake D-pad tengah)

HP ini juga bisa merekam video format mp4 di resolusi 240320 @ 15fps dengan durasi sesuai dengan sisa memori:

Hasil Kamera:


Kamera depan yang untuk video call ga pernah saya pake jadi no comment

Minusnya:

  • Ga ada shutter kamera
  • Tombol volume fungsinya buat white balance bukan zoom
  • Zoom terbatas hanya di resolusi VGA
  • View finder nya potrait bukan landscape (dan ga bisa diganti)

Media Player:

UI nya pake Media Player v3 nya SE, mirip punya G502, atraktif banget deh.. Suara speakernya lumayan OK (suara lv 0-4 peningkatannya dikit2, masuk 4,5 langsung naik drastis). Soal SPL sih OK, kalau SQ nya masih enak k510i saya yang di mod (ya iya lahh). Tapi suara hasil output via Headset tidak memuaskan, dan menurut saya headset ini seperti bukan buatan SE, kalau pake EQ MegaBass, suaranya baru setara (bahkan masih lebih rendah sedikit) headset SE standar (bukan walkman series).

Hebatnya HP ini punya cakupan file cukup baik, mp3, mp3 PRO, m4a, aac, wav bahkan wma pun bisa diputar dengan baik.

Minus:

  • Kalau pencet tombol Call End, langsung keluar, bukan minimized. (harus back terus)
  • Ga ada Visualisasi kaya di Media Player Walkman V2 ke atas.
  • Suara Headsetnya kurang mantep di banding HPM-64 dan HPM-70. bassnya kurang nendang, suaranya agak cempreng. Tapi cocok buat dengerin lagu-lagu classic dan akustik, contoh Im Yours nya Jason Mraz, dan Perfect (Accoustic) punya Simple Plan.

Radio:

Ini fitur yang ga ada di K510i, lumayan menghibur juga, tapi fitur RDS nya sepertinya belum bisa dimanfaatkan walaupun ada.

Internet:

HP ini punya dukungan transfer data dari GPRS sampai HSDPA 3.6 Mbps. Sayang dirumah saya belum dapet sinyal 3G, tapi browsing pake EDGE lumayan lahh, cukup nyaman dibanding GPRS k510i. HP ini juga punya location service (GPS?) dengan bantuan Google Maps.

Fungsi modem belum saya coba, karena terhalang masalah aktivasi Windows

Memori:

Sejatinya HP ini punya internal memori 150 MB lebih, tapi pure free memorinya sekitar 78MB. Dalam paket penjualan minus MicroSD (dari situsnya tertera max supportnya 8GB), dan sudah built in Driver di dalamnya (jadi ga perlu pake CD)

Instalasi driver agak ribet, harus ada MTP (Media Transfer Protocol), coba cari di situs om Bill Gates, ternyata harus install WGA (Windows Genuine Advantage Kit) yang sudah di aktivasi (ini nih yang bikin ribet). tapi menurut info yang saya dapat, MTP sudah ada di windows Vista.

Instalasi Java, dan Customization

Ini yang paling penting kriteria hp yang saya beli, java dan instalasinya harus bener.

Tidak ada kendala dalam mengintal aplikasi java di HP ini. Instal Opera Mini 5 beta lancar dan berfungsi dengan baik, tidak seperti pada HP SE yang buatan Sagem atau kawan2 nya..

Install tema lancar tanpa kendala, tidak seperti HP SE yang tidak memiliki huruf i di belakang nama (contoh: S302, W302, S312, F305, W395, W205 <- yang buatan sagem semua). Oh 1 lagi, ni HP bisa support flash theme.

Hasil test benchmarknya:

JBenchmark 2.1.1 = 1060

Image manipulation

314

Text

606

Sprites : 705

705

3D Transform

789

User Interface

12544

Jbenchmark HD 4.0.3

Smooth triangles

41149

Textured triangles

36296

Fill rate

1479 kTexels

Gaming

194 (6.5 fps)


Plus:

  • Support Flash Theme
  • Bisa Multitask ( 7 Aplikasi, diatas itu hpnya nge-hang)
  • Instalasi ga seribet HP SE buatan sagem, juga ga sesusah LG KF600

Baterai:

HP ini memakai baterai Li-Po 950 mAh tipe BST-33, untuk daya tahan cukup bisa diandalkan, bisa dipake 3-4 harian atau lebih. Dengan pemakaian normal, game, internet pake Opmin 5 beta 2,5 jam sehari. Tambah jepret-jepret pemandangan, dengerin musik, dan nyetel radio..

Saat nge-charge, chargernya ga sepanas CST-60 bawaan K510i.

Kesimpulan

Ini HP sudah mencukupi banget buat kebutuhan sehari-hari, semua aplikasi lancar diinstall dan digunakan, hasil kamera juga OK, Internetnya juga kenceng, Media Player juga asik, (sayang headsetnya kurang mantep kaya seri walkman).

Kekurangannya sih pada Headset yang kurang OK, minus MicroSD, dan Kabel Data. Driver yang nyusahin pengguna Windows bajak*n. Dan satu lagi, belum banyak orang yang nge modding HP ini keep wait and see untuk mod HP ini

Kalau saya kasih rating sih HP ini dapet nilai 7,5 dari maksimal 9. soalnya fiturnya lengkap tapi ga perfect (maklum ada harga ada rupa..) price and performance lahh..

Recommended Buy


TAGS Review


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post