Handphone, Headset, dan Kesehatan

12 Dec 2009

headphone

headphone

Banyak kita melihat orang-orang atau bahkan anda sendiri (termasuk saya juga) mendengarkan musik langsung lewat HP atau headset. Namun tahukah anda bahaya dari kedua makhluk ini? Mari kita bahas sama-sama.

Menjawab telpon lewat earphone memang lebih aman dibandingkan kita mendekatkan telinga kita ke earpiece. Namun bagaimanapun headset juga punya efek samping, salah satunya dapat mengurangi sensifitas telinga kita, dan lama kelamaan kita bakal budeg juga karena benda ini.

Tahukah anda??

Saat anda mendengarkan sebuah media player (mp4, iPod, HP dan sejenisnya), benda ini dapat mengubah file digital menjadi analog (suara) pada range 100-115 dB(A) dan dapat bertambah kuat jika menggunakan headset tertentu dan meletakkannya lebih dekat ke gendang telinga.

Pada umumnya kita biasa menyetel musik pada volume lebih dari 50%, bahkan bisa full 100% jika lingkungan sekitar kita bising. Hal tersebut justru dapat mengganggu kerja indra pendengaran kita. Berikut adalah daftar toleransi telinga kita terhadap seberapa kuat bunyi yang kita dengar:

Batas maksimal toleransi pendengaran kita

  • 90 dB(A) : 8 jam
  • 93 dB(A) : 4 jam
  • 96 dB(A) : 2 jam
  • 99 dB(A) : 1 jam
  • 102 dB(A) : 30 menit
  • 105 dB(A) : 15 menit
  • 108 dB(A) : 7.5 menit
  • 111 dB(A) : 3.75 menit

Salah satu headset milik saya punya sensitivity 118dB(A) (standar headset pada umumnya)! Bisa dibayangkan berapa maksimal waktu penggunaan headset ini, tapi pada kenyataannya kita bisa pakai 1 jam lebih. Bahkan headset bawaan iPod bisa sampai 120dB(A)+ (setara suara mesin jet). Penggunaan terus-menerus membuat koklea (rumah siput) pada telinga kita menjadi lelah dan berkurang sensitivitasnya, dan berakibat berkurangnya tingkat pendengaran kita.

Bagaimana Solusinya?

Solusinya .. lebih baik tidak digunakan saja, atau jika anda punya cukup uang, anda bisa membeli headset dengan fitur noise cancelling. Dengan fitur ini, suara bising dari lingkungan sekitar menjadi berkurang, jadi kita bisa atur volume seminimal mungkin..

Tapi headset jenis ini biasanya berukuran besar (menutupi daun telinga) dan harganya ituu loohh .. . muahall banget, paling murah yang saya temukan Rp. 980 rb!

Tidak punya dana sebesar itu?

Ok! Pake saja speaker komputer! karena rata-rata noisenya itu 88 db(A) jauh lebih rendah ketimbang headset kan?

Peringkat bahaya

Radiasi Handphone > Konser musik > Headset > speaker > tidak menggunakan sama sekali

Catatan: 64dB(A) bukan 2x lipat 32dB(A) melainkan berpuluh2 kali lipat 32dB(A) dst.. dst


TAGS Kesehatan


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post